RANGKA ATAP BAJA RINGAN MENJADI TREND TERKINI DI PEREDARAAN ZAMAN


Sejak dulu, penggunaan kayu sebagai rangka atap memang sangat lazim digunakan, apalagi di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis kayu dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Namun, untuk sekarang ini sudah ada alternatif pengganti kayu yang bisa digunakan sebagai penutup atau rangka atap, yaitu baja ringan adalah salah satunya.

Setiap bahan konstruksi yang digunakan dalam membangun rumah anda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya baik dari kekuatan, keindahan bentuk atau yang lainnya. Begitu juga dalam penggunaan rangka atap baja.

Kelemahan atap baja ringan dibandingkan dengan konstruksi atap kayu seperti dalam hal suhu yang cenderung menyerap panas lebih banyak dibandingkan dengan kayu. Hal itu juga bergantung terhadap lokasi rumah, yaitu pada daerah iklim tropis atau bukan tropis.

Selain itu, masalah biaya menjadi kekurangan yang lain karena pemasangannya memerlukan keahlian khusus atau tukang yang terlatih sehingga biaya pemasangan rangka atap baja ringan lebih tinggi dibandingkan dengan rangka atap dari material kayu.

Nilai keuntungan dari penggunaan material baja ringan ini ketimbang material kayu yang sering diganggu rayap dan lapuk sehingga memerlukan perawatan dan bahkan penggantian menyeluruh pada jangka waktu tertentu.

Betapa dahsyatnya akibat dari serangan rayap di rumah Anda?. Lemari pakaian akan menjadi hancur dan seluruh pakaian beraroma lembab. Akan parah lagi kalau rayap itu menyerang rangka atap rumah kita yang menahan beban genteng yang demikian berat. Bayangkan jika ratusan keping genteng tersebut ambruk ke bawah menimpa seisi rumah hanya karena ulah rayap.

Solusinya adalah rangka atap baja ringan atau light steel frame. Material rangka atap ini terbuat dari bahan dasar baja dengan campuran zinc dan aluminium atau zinc-alum. Material ini sudah diproduksi secara masal di Indonesia.

Kelebihan dari material rangka atap ini ialah bobot beratnya yang demikian ringan dibandingkan dengan material rangka atap lainnya. Dengan daya tahan terhadap tekanan dan tarikan yang lebih unggul daripada material rangka kayu serta bobot materialnya sendiri yang demikian ringan, rangka atap baja ringan mungkin menjadi pilihan utama para developer dan pemilik rumah di kemudian hari.

Dengan sistem pabrikasi dan perakitan yang begitu efisien dan praktis, rangka atap baja ringan dapat memenuhi tuntutan akan efisiensi waktu dalam penyelesaian suatu gedung. Dan juga rangka atap baja ringan dapat dikerjakan terlebih dahulu atau bersamaan dengan dimulainya pekerjaan awal pembangunan suatu gedung, sebagai contoh saat dilakukan galian fondasi atau pelaksanaan tiang pancang. Dan ketika pemasangan dinding bata telah mencapai level tertentu yang diinginkan, rangka atap baja ringan siap ditempatkan pada posisinya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memakai material baja ringan produksi suatu pabrik atau industri tertentu sebagai rangka atap.

Setiap produsen memproduksi material ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih material baja ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya.

Lapisan atau coating berfungsi lapisan anti karat sebagai pelindung material baja ringan dari proses korosi atau karat sehingga daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa.

baja ringan spyro

Kelebihan rangka atap baja ringan :

  1. Anti rayap atau bebas serangan rayap.
  2. Material berkekuatan tinggi tetapi memiliki bobot yang ringan, sehingga akan menghemat struktur bangunan.
  3. Mutu material yang baik, terjamin dan konsisten.
  4. Tahan karat dan tidak memerlukan finishing cat lagi.
  5. Ramah lingkungan.
  6. Baja ringan juga tidak memiliki nilai muai susut sebagaimana material kayu.
  7. Lambat menjalarkan api.
  8. Tidak ada material yang terbuang.
  9. Mudah dan cepat pemasanganya, hanya berkisar antara tiga hari sampai satu minggu (tergantung dari kerumitan jenis atap dan luasannya).

Kekurangan rangka atap baja ringan antara lain :

  1. Karena tidak terlalu indah jika dipandang dari bawah (nampak seperti jaring), maka rangka atap baja ringan ini membutuhkan bahan lain seperti penutup plafon.
  2. Sangat mungkin rangka ambruk jika saat proses konstruksinya terjadi salah perhitungan atau salah pasang.
  3. Jika bangunan berada di daerah rawan longsor, gempa dan angin kencang maka proses konstruksi atap baja ringan membutuhkan perhitungan yang lebih matang.
  4. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menghitung kebutuhan baja ringan, oleh karena itu tidak semua orang bisa menghitungnya.

Semoga setelah membaca artikel ini anda lebih mengerti tentang Baja Ringan SPYRO. Untuk anda yang peduli akan tempat tinggal bangunan anda atau berminat mengenai produk SPYRO kami, kami siap melayani anda dengan tenaga ahli yang sudah profesional.

Untuk info langsung mengenai baja ringan, harga dan pemesanan silahkan hubungi kontak setiap distributor resmi kami di halaman Distributor pada website kami:

Distributor

note/keyword:

genteng metal, rangka plafon, bondek, spandek, baja ringan, genteng metal, rangka plafon, bondek, spandek, baja ringan, genteng metal, rangka plafon, bondek, spandek, baja ringan, genteng metal, rangka plafon, bondek, spandek, baja ringan

3 Responses

  1. kalau baja ringan spyro, kualitas okee punya
  2. maju terus spyro !
  3. Setuju sekarang udah jaman nya baja ringan

Leave a comment